Rabu, 27 Mei 2009

Pembayaran Formulir SNMPTN Dibuka Lebih Awal

Pembayaran Formulir SNMPTN Dibuka Lebih Awal Cetak E-mail

Bagi calon mahasiswa baru yang yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negri (PTN), panitia penyelenggara Seleksi Ujian Masuk Pergurun Tingg Negri (SNMPTN) 2009 membuka pembayaran formulir bagi calon mahasiswa lebih awal, yaitu pada tangal 1 Juni mendatang. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya antrian dan juga desak-desakan yang membuat pelayanan kurang baik.

Menurut Pembantu Rektor I Universitas Riau (UR) Prof Dr Aras Mulyadi DEA, alasan dilakukan pembayaran lebih awal itu adalah dari hasil evalusi penyeleggaraan SNMPT 2008 yang lalu, dimana calon mahasiswa melakukan antrian panjang dan berdesak-desakan di tempat pembayaran formulir SNMPTN yaitu di seluruh cabang Bank Mandiri Pekanbaru.
“Kami tidak mengiginkan hal itu terjadi kembali, maka dari itu hasil rapat panitia SNMPTN 2009 yang berlasngsung di Yogyakata kemarin memutuskan untuk membuka pembayarann lebih awal,” kata Aras.


Dijelaskan guru besar Faperika UR ini, pada pelaksanaan SNMPTN 2009 ini terdapat tiga materi ujian yang diuguhkan kepada calon mahasiswa. Padahal SNMPTN tahun lalu hanya dua yaitu tes kemampuan dasar dan bidang. Sedangkan untuk SNMPTN 2009 ini ada penambahan satu test lagi yaitu test potensi akademik (TPA). Sedangkan untuk harga formulir pendaftaran tidak mengalami kenaikan, dimana untuk IPC Rp175 ribu, IPA Rp150 ribu dan IPS Rp150 ribu. Selain itu juga pembayaran formulir ini dapat dilakukan dengan internet banking, auto debet dan mendatangi langsung ke kantor cabang Bank Mandiri yang tersebar di Indonesia.


“Jadi kepada calon mahasiswa diberikan pilihan dan kebebasan, mau pilih cara mana untuk membayar formulir itu,” sebut Aras.. Setelah calon mahasiswa membayar formulir SNMPTN, pendaftaran baru bisa dilakukan pada tanggal 15 Juni, yaitu dengan mengambil formulir ke tempat yang sudah disediakan, namun tentunya harus menunjukkan bukti pembayaran kepada panitia. Batas akhir pendaftaran dan pengambilan formulir yaitu 15 s.d 27 Juni, dan pada tanggal 1 s.d 2 Juli ujian SNMPTN.“Pada penyelenggaran SNMPTN 2009 ini, terkoneksi 57 perguruan tinggi negrei yang ada di seluruh Indonesia,” ucapnya.URNEWS- www.unri.ac.id

0 komentar: