Selasa, 09 Juni 2009

Tidur Panjang


Tidur adalah salah satu nikmat yg diberikan Allah Swt kepada setiap hambanya.

Tidur panjang yang saya bahas disini bukan seperti tidurnya 7 pemuda al-Kahfi yang diceritakan didalam kitab suci, dimana mereka tertidur panjang karena Allah SWT yang menidurkan mereka dari kedzaliman Raja yang bertahta saat itu. Namun, “tidur “ yg saya maksud disini adalah tidur-tidur kita yang bukan pada waktunya.

Dengan tidur kita semua bisa merasakan kedamaian dan kesegaran setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Namun seringkali kita menjustifikasi tidur dengan alasan karena kita “lelah” atau “capek.


Memang dengan tidur, kita akan mendapatkan energy baru dan tenaga kembali. Namun jangan salah, dengan tidur yang berlebihan kita bisa mengurangi kekuatan otak kita atau istilah kasarnya membuat daya fikir kita berkurang atau “telmi”. Jatah waktu tidur ideal untuk kita selaku orang dewasa dalam 1 hari menurut para ahli adalah sebanyak 6-8 jam per hari. Namun, alangkah bagusnya bila dikurangi. Coba kita lihat tidurnya para imam besar dan tokoh2 besar Islam zaman dulu seperti Imam syafi’i, Al-Ghozali, Ibnu Rusyd, Ibu Sina dan masih banyak lagi yang menguasai berbagai disiplin ilmu hingga karya-karya dan temuan mereka pun masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini. Hampir mereka semua menggunakan waktu istirahat or tidurnya hanya beberapa jam dalam sehari. Contoh orang-orang sukses saat ini seperti Habibie, SBY, Bill Gates, Barack Obama, Hidayat Nurwahid, Helmi Yahya, Pembawa Acara Oprah “Winfrey”, Artis Luna Maya, Pesepak Bola Bambang Kurniawan, Trainer Andri Wongso, Mario Teguh dan Bapak Ari Ginanjar Agustian. Mereka semua adalah orang-orang hebat yang bisa memanage waktunya dengan baik dan teratur termasuk waktu tidurnya yang dikurangi. Padahal kita juga bisa seperti mereka. Bahkan bisa lebih. Karena mereka juga manusia kan ??? Sama seperti kita.

Sungguh sangat ironis dan menyedihkan jika kita melihat kawan-kawan kita banyak sekali menghabiskan hari-harinya dengan tidur siang, tidur sore, tidur pagi atau tidur ba’da Shubuh.


Padahal kita ketahui bersama, bahwa kewajiban atau amanah kita di muka bumi ini sangat banyak dibanding waktu yang ada. Contohnya, dalam hal disiplin ilmu / bidang yg kita tekuni sekarang ini untuk menguasainya saja belum maksimal atau 100 %. Belum lagi mempelajari ilmu dan ayat-ayat kauniah Allah yang lain. Sungguh kawan, masih banyak sekali ilmu Allah yang belum kita pelajari untuk diri sendiri dan ummat ini agar bangkit dari keterpurukan.


Baiklah, kawan-kawan mari dari 3M (Dari diri kita sendiri, dari yg paling kecil dan dari sekarang atau mulai saat ini), kita mencoba memanfaatkan waktu seproduktif mungkin. Kita gak ingin kan menjadi manusia yang merugi atau celaka karena waktu atau kesempatan yg sudah diberikan oleh Allah SWT kita lalaikan begitu saja.

Ingat kawan-kawan … sudah umur berapa kita sekarang ??? Karya & amal apa yg sudah kita sumbangsihkan untuk dunia dan akhirat nanti…


Ya Allah… ampuni hamba yang doif dan banyak dosa ini ya Allah…

Hamba tak ingin menjadi makhlukmu yang tak berguna dan engaku murkai.

Ya Allah…

Aku ingin mempunyai daya guna dan kebermanfaatan atas kehadiranku dimuka bumi ini.





0 komentar: